5 Makanan Untuk Otak Anak yang Perlu Diberikan Sejak Dini

Mengonsumsi makanan yang sehat tentu sangat penting bagi pertumbuhan anak. Namun, tahukah Anda jika mengonsumsi makanan sehat juga penting bagi perkembangan dan kecerdasan otak anak? Tapi, apa saja makanan untuk otak anak yang bisa Anda berikan untuk meningkatkan kecerdasan mereka? Berikut penjelasannya.

Jenis Makanan untuk Kecerdasan Anak

Meski masing-masing makanan memiliki khasiatnya sendiri tapi tidak semuanya bagus untuk perkembangan otak anak. Menurut berbagai ahli, ada beberapa jenis makanan yang memang terbukti memiliki berbagai nutrisi penting yang bisa meningkatkan kecerdasan anak. Bagi Anda yang tertarik, berikut beberapa contohnya.

1. Ikan

Berbagai jenis ikan seperti salmon memang terkenal memiliki banyak manfaat untuk kecerdasan otak anak. Bahkan, sejak masa kehamilan pun para ibu sering dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan salmon. Sebab ikan ini diketahui mengandung banyak asam lemak omega 3 serta berbagai vitamin yang penting untuk perkembangan otak anak.

Selain salmon, masih banyak jenis ikan lain yang bagus untuk otak. Beberapa contohnya adalah ikan tongkol, tuna dan sarden. Selain ikan, minyaknya juga dikenal memiliki kandungan omega 3 dan juga vitamin A yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, minyak ikan bisa dijadikan tambahan makanan yang sangat baik bagi otak anak.

2. Daging

Makanan yang kaya protein dan zat besi ini dikenal mampu meningkatkan konsentrasi. Sayangnya, tidak semua jenis daging bagus untuk perkembangan otak anak. Berbagai jenis daging seperti daging merah rendah lemak, daging ayam dan juga hati ayam dikenal memiliki zat besi yang gampang diserap tubuh sehingga sangat disarankan oleh para ahli.

Oleh sebab itu, anak-anak sangat dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai jenis daging tersebut secara rutin. Namun, usahakan untuk mengonsumsi daging yang masih dalam kondisi segar dan bukan dalam bentuk olahan. Sebab, mengkonsumsi daging olahan justru akan meningkatkan risiko berbagai penyakit.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dikenal sebagai sumber protein dan lemak nabati yang bagus untuk kesehatan. Jika dikonsumsi secara rutin, makanan ini bisa membantu meningkatkan kemampuan berpikir serta daya ingat anak. Bahkan, beberapa jenis kacang seperti kacang hijau diketahui memiliki asam folat, vitamin C, potasium, zink dan zat besi dalam jumlah yang cukup tinggi.

4. Minyak nabati

Lemak nabati sebenarnya sangat diperlukan oleh anak-anak yang berusia di bawah 2 tahun. Sebab, saat itu anak-anak membutuhkan asupan kalori yang cukup besar. Karena lemak mampu menghasilkan kalori paling besar maka tidak heran jika lemak nabati sangat disarankan untuk anak-anak.

Saking bermanfaatnya, beberapa ahli menyarankan untuk memberikan lemak nabati sebesar 35-50% dari total kebutuhan kalori anak. Berbagai jenis minyak nabati seperti minyak zaitun, minyak kelapa hingga minyak biji bunga matahari diketahui memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi anak-anak.

5. Susu dan telur

Telur memang dikenal memiliki kandungan gizi yang lengkap terutama bagian kuningnya. Telur diketahui mengandung kolin yang mampu meningkatkan daya ingat anak. Sementara itu, susu dikenal memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi sehingga bisa membantu pertumbuhan anak.

Mengingat kandungan gizi yang dimilikinya maka tidak heran jika sejak anak masih bayi disarankan untuk memberikan ASI secara eksklusif hingga usia 2 tahun. Setelah itu, Anda bisa menggantinya dengan susu sebanyak 1-2 gelas perhari tergantung usia dan kebutuhan Si Kecil.

Anda sebaiknya memberikan susu yang memang diformulasikan khusus sesuai dengan usia anak. Sebab, produk semacam ini memiliki kandungan gizi yang memang sangat dibutuhkan anak-anak. Produknya pun ada banyak di pasaran. Salah satunya adalah Bebelac. Susu pertumbuhan khusus anak-anak ini hadir untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

Selain mengandung berbagai vitamin dan mineral penting, produk ini juga dilengkapi dengan FOS dan GOS yang bisa membantu sistem pencernaan anak. Selain itu, kandungan minyak ikan serta asam lemak omega 3 dan 6 yang dimilikinya sangat bagus pagi perkembangan otak serta kecerdasan Si Kecil.

Oleh karena itu, jika Anda sedang mencari tambahan makanan untuk otak anak maka produk-produk Bebelac bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain rasanya enak dan disukai oleh anak-anak, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan berbagai hadiah menarik yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.