Fakta Unik Tentang Suzuki XL7 yang Perlu Anda Ketahui

Sudah sekian tahun berlalu, Suzuki masih setia mengabdikan dirinya demi membantu mobilitas masyarakat global, termasuk pula Indonesia. Beberapa waktu lalu, perusahaan besar tersebut menggagas produk baru bertajuk Suzuki XL7.

Deretan Fakta Unik Suzuki-XL7

Dibawah ini merupakan beberapa fakta unik nan menarik yang dimiliki oleh XL7 dari Suzuki. Let’s get to the list!

Suzuki XL7

1. Platform Ertiga

Diwartakan dari beberapa sumber, XL7 akan berbagi platform bersama Ertiga di kelas MPV murah. Selain itu, mesin yang dipasang dalam XL7 serupa dengan Ertiga, yaitu K15B DOHC dengan kubikasi 1.500 cc dan memiliki opsi transmisi matik hingga manual.

2. Masuk Segmen LSUV

Meski diklaim menggunakan platform juga mesin yang sama dengan Ertiga, namun Suzuki telah memastikan jika produk garapannya itu akan bermain pada genre LSUV, alias low sport utility vehicle.

Sejalan dengan opini tersebut, Donny Saputra yang menjabat sebagai Marketing Director 4W PT SIS mengungkapkan jika produk-produk Suzuki terbaru pasti akan mempunyai model baru dengan segmen yang berbeda dari produk lawasnya.

Sejumlah informasi yang tersebar di dunia maya mengungkapkan jika XL7 akan bersaing dengan Terios, Rush, dan BR-V di pasar mobil dunia. Fakta tersebut makin diperkuat dengan kemunculan pernyataan resmi dari Riecky Patrayudha, seorang Head of Service PT SIS.

Lebih detailnya, ia menjelaskan walau mungkin secara basis XL7 sama dengan Ertiga namun XL7 akan mempunyai karakteristik SUV yang lebih kuat, bukan seperti Ertiga yang seakan di SUV-kan.

Ketika dilihat dari sisi visualnya, memang XL7 sangat bersebrangan dengan Ertiga. XL7 didesain lebih kotak dengan ground clearance lebih tinggi. Tak hanya itu, garis besar kaki-kaki XL7 juga dirancang ulang untuk menyesuaikan segmennya. Termasuk pula bagian suspensi, mesin, optimalisasi, serta pengaturan ECM atau Engine Control Module.

3. Alasan Luncurkan XL7

Salah satu alasan yang mendasari Suzuki akhirnya mengambil tindakan besar dengan meluncurkan produk XL7 ialah perkembangan tren SUV dalam skala global.

Walau begitu, lagaknya pengembangan yang dilakukan oleh Suzuki tetap mengedepankan kesesuaian produk dengan segmen konsumen di tanah air. Mengingat Indonesia sendiri sudah jadi konsumen setia produk-produk Suzuki sejak beberapa dekade lalu.

Selaras dengan hal itu, Makmur yang memegang posisi 4W Sales Director dari PT SIS mengungkapkan opininya bahwa kapasitas 7 penumpang menjadi dasar paling utama dalam mengembangkan XL7. Karena memang fitur itulah yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia.

Dari segi tren, hampir seluruh seri mobil terbaru sudah mengarah ke SUV. Bagi Indonesia, mungkin disebabkan oleh faktor geografis jalanan. Namun, SUV yang dimaksudkan disini bukanlah sebuah real jeep, melainkan mobil dengan desain lebih stylish, mampu menampung hingga 7 penumpang, nyaman dikendarai, serta memiliki ground clearance cukup tinggi.

4. Harga Kompetitif

Dilansir dari Kompas.com, Suzuki mengeluarkan 3 varian sekaligus untuk produk XL7. Salah satunya adalah Zeta, Beta, dan juga Alpha. Masing-masing varian tersebut memiliki 2 pilihan transmisi, yaitu matik dan manual. Keseluruhan varian tersebut memiliki harga yang cukup kompetitif loh!

Lebih rincinya, Suzuki membandrol produknya dengan kisaran sebagai berikut:

– Zeta MT = Rp 230.000.000
– Zeta AT = Rp 240.500.000
– Beta MT = Rp 246.500.000
– Beta AT = Rp 257.000.000
– Alpha MT = Rp 256.500.000
– Alpha AT = 267.000.000

Bagaimana menurut Anda? Manakah dari sekian fakta unik Suzuki XL7 yang paling mengejutkan bagi Anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.