Ingin Punya Usaha Waralaba? Begini Cara Daftar Franchise Yang Benar

Franchise atau waralaba merupakan salah satu bentuk usaha yang banyak ditemukan di tanah air. Meski begitu, tidak banyak orang tahu apa itu franchise dan bagaimana cara daftar franchise. Padahal, menurut berapa ahli waralaba merupakan salah satu model bisnis paling menguntungkan.

Hal ini tidak lain dikarenakan model ini tidak terlalu membutuhkan banyak biaya. Kadang dengan dana kurang dari Rp 10 juta saja Anda sudah bisa memulai bisnis sendiri. Bukan hanya sembarang bisnis namun bisnis yang sudah memiliki merek sendiri sehingga lebih mudah dikenal masyarakat.

Apa itu Bisnis Franchise?

Franchise merupakan model bisnis yang memperbolehkan suatu pihak menggunakan merek dagang, bahan baku serta produk sama persis dengan bisnis yang sudah ada sebelumnya. Tidak hanya sekadar produk, franchise juga memberikan izin pihak ketiga untuk memasarkan produk tersebut asalkan memenuhi persyaratan.

Melihat penjelasan di atas, masih banyak pihak menyamakan bisnis franchise dengan kemitraan. Padahal, kedua model usaha tersebut sangatlah berbeda. Jika Anda ingin tahu keuntungan serta apa perbedaa franchise dengan model bisnis lain maka sebaiknya perhatikan penjelasan di bawah ini.

1. Manajemennya sudah matang

Keuntungan terbesar dari memilih model bisnis ini adalah menajemennya sudah sangat matang. Hal ini tidak lain karena usaha franchise biasanya hanya dilakukan oleh merek-merek yang sudah punya nama di masyarakat. Dengan begitu, mereka jadi sudah punya manajemen solid.

2. Lebih praktis

Model bisnis ini juga lebih praktis. Jika ingin membuka waralaba maka kamu hanya perlu membayar sejumlah uang sesuai permintaan pemilik merek. Anda tidak perlu lagi mengurus tentang semua hal sejak awal seperti bahan baku, SOP dan sebagainya.

Paling Anda hanya harus memilih tempat strategis untuk membuka outlet waralaba. Dengan demikian, Anda bisa lebih menghemat waktu.

3. Sudah memiliki nama

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, sistem waralaba biasanya dilakukan oleh merek-merek yang sudah memiliki nama di masyarakat alias terkenal. Hal ini memberikan keuntungan tersendiri karena branding milikinya sudah bagus.

Tidak hanya itu, franchisor alis pemiliki merek biasanya akan memikirkan support kepada para franchiseee melalui berbagai macam kegiatan. Bisa melalui pelatihan, evaluasi atau semacamnya.

Apa Kelemahan Bisnis Ini?

Selain memiliki kelebihan model bisnis ini juga memiliki kelebihan tersendiri. Salah satunya adalah soal inovasi serta keuntungan yang tidak bisa dimiliki 100%. Dari segi inovasi, Anda memiliki kewenangan terbatas terhadap produk atau jasa yang diperjualbelikan. Semua produk tersebut sangat tergantung pada inovasi dan perkembangan franchisee selaku pemegang merek.

Tidak hanya itu, keuntungan Anda dari bisnis waralaba yang dijalani juga tidak bisa dinikmati sepenuhnya. Sebagai franchisee atau peminjam merek maka Anda harus memberikan fee royalti dan distributor kepada franchisor.

Bagaimana Memulai Usaha Waralaba?

Untuk memulai sebuah waralaba bukanlah hal sulit. Namun, setidaknya Anda harus paham bagaimana aturan serta perizinan yang berlaku di tanah air. menurut peraturan Menteri Perdagangan No. 77 tahun 2018 berikut adalah tata cara mendaftar usaha franchise.

  1.   Mengisi formulir pendaftaran.
  2.   Mengecek email yang sudah didaftarkan guna validasi akun serta user ID beserta password yang digunakan untuk login.
  3.   Memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).
  4.   Pelaku Distribusi Kementerian Perdagangan dan Direktorat Bina usaha akan menindaklanjuti pemberian Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW).
  5.   Memenuhi semua syarat komitmen.

Semua berkas perizinan serat tata cara daftar franchise di atas bisa Anda akses secara online melalui sistem online single submission. Dengan begitu, prosesnya bisa lebih cepat dan praktis. Jadi, tunggu apa lagi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.