14 Juni 2024
3 Ciri-Ciri Stunting Anak

Diantara banyaknya masalah kesehatan di Indonesia, stunting menjadi salah satu masalah kesehatan yang mendapatkan perhatian khusus. Bahkan sudah banyak kampanye kesehatan dijalankan oleh Kementerian Kesehatan dalam hal ini. Banyak sekali anak gagal mendapatkan pertumbuhan sempurna, kekurangan nutrisi secara kronis terutama di 1000 hari pertama kehidupannya disebabkan oleh masalah kesehatan satu. Namun apa itu stunting pada anak?

3 Ciri-Ciri Stunting Anak

3 Ciri-Ciri Stunting Anak

Kurangnya nutrisi pada anak, stunting juga bisa terjadi karena kurangnya nutrisi saat kehamilan. Banyak sekali kemungkinan saat ibu hamil kurangnya asupan air bersih, makanan bersih, sehat serta masih banyak lagi. Banyak sekali penjelasan apa itu stunting pada anak serta simak gejala utama masalah kesehatan ini.

Perkembangan Kognitif Buruk

Saat anak mengalami stunting, gejala utama yang dimiliki yaitu perkembangan kognitif terganggu salah satunya seperti memiliki perhatian kurang hingga konsentrasi juga daya ingat tidak baik. Hal ini dikarenakan otak membutuhkan nutrisi cukup agar tidak terjadi malnutrisi sehingga menghambat perkembangan otak.

Risiko Infeksi Tinggi

Saat buah hati mengalami masalah kesehatan ini, buah hati akan mengalami kekebalan tubuh lemah. Anak akan sering sakit bahkan mengalami infeksi cukup parah. Dengan risiko infeksi tinggi, akan membuat masalah tumbuh dan kembang terganggu.

Risiko Penyakit Kronis Tinggi

Gejala lainnya aalah risiko buah hati mengalami penyakit kronis seperti diabetes, obesitas bahkan hipertensi. Hal ini dikarenakan stunting membuat metabolismnya mengalami masalah bahkan hingga dewasa nantinya. Tentunya hal ini cukup berbahaya untuk dialami semua anak baik saat muda maupun hingga dewasa nantinya.

3 Pencegahan Stunting Anak

Banyak cara agar anak terhindar dari masalah kesehatan ini. Setelah mengenal apa itu stunting pada anak, Anda juga wajib mengetahui apa saja cara mencegah hal ini pada buah hati.

Tingkatkan Akses Air Bersih, Sanitasi dan Kebersihan

Pencegahan utama yang dapat dilakukan yaitu selalu menjaga kebersihan, sanitasi juga mengkonsumsi air bersih. Dengan cara ini buah hati Anda akan terhindar dari berbagai penyakit seperti diare, cacingan hingga malaria dan lainnya.

Memiliki pengasuhan dan Lingkungan Baik

Dengan memiliki pengasuhan baik juga supportif, akan membuat perkembangan fisik juga mental lebih baik. Dengan terus mendorong anak belajar dan bermain, akan membuat perkembangan kognitif semakin baik.

Meningkatkan Akses Layanan Kesehatan dan Gizi

Dengan terus uptodate dengan berbagai informasi mengenai perkembangan juga pertumbuhan anak, akan semakin banyak informasi untuk memantau pertumbuhan dengan baik. Selain itu juga mendapatkan kemudahan informasi mengenai pengobatan terkait malnutrisi hingga bagaimana cara memenuhi nutrisi.

Sangat penting mengetahui apa itu stunting pada anak. Pastikan bahwa bukan hanya pemerintah saja, melainkan para ibu peduli dengan keadaan masalah kesehatan satu ini. Dibutuhkan kerjasama baik, agar stunting tidak semakin banyak dialami oleh anak-anak dan memenuhi kebutuhan nutrisi cukup untuk tumbuh kembang buah hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *