Ini Menjaga Kesehatan Otot Agar Tetap Aktif Di Usia Senja

Dengan otot tubuh yang sehat dan kuat tentu akan berikan kemudahan seseorang agar dapat menikmati berbagai macam aktivitas bukan. Agar bisa mencegah berbagai macam gangguan pada bagian tubuh satu ini, maka menjaga kesehatan otot menjadi hal paling wajib dilakukan oleh semua orang agar tetap aktif di usia senja nanti.

Ada berbagai macam masalah yang terjadi pada komponen tubuh tersebut seperti sarkaponia. Dimana ini merupakan kondisi adanya penurunan massa ataupun kekuatan otot yang terjadi seiring dengan bertambahnya umur seseorang. Adapun seseorang dengan usia diatas 50 tahun berisiko terkena gangguan satu ini.

Cara Menjaga Otot Agar Tetap Sehat

Apabila tidak melakukan pencegahan maka bukan tidak mungkin jika kondisinya akan semakin parah. Terlebih lagi gangguan seperti Sarkaponia akan menyebabkan seseorang kesulitan buat bergerak, fisik akan terasa lebih lemah hingga mudah merasa lelah.

Ada beberapa penyebab mengapa gangguan tersebut dapat terjadi seperti seseorang kurang bergerak atau berolahraga, kekurangan asupan gizi hingga mengidap penyakit kronis tertentu. Itulah sebabnya, Ada baiknya menjaga kesehatan komponen tubuh satu ini agar terhindar dari berbagai gangguan.

Adapun cara buat menjaganya sendiri benar-benar sangat mudah dilakukan bahkan dapat dimulai dari langkah paling sederhana. Apabila Anda ingin melakukannya, maka simak beberapa cara yang sudah kami siapkan dibawah ini.

1. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Ini adalah langkah pertama paling sederhana dimana dapat dilakukan. Perlu diketahui bahwa kekurangan cairan ternyata akan mengakibatkan terganggunya penyerapan nutrisi pada komponen satu ini. Inilah yang menyebabkan mengapa tubuh akhirnya tak bisa menyerap magnesium ataupun kalium dengan baik.

Bukan hanya itu saja, kurang memenuhi kebutuhan cairan setelah melakukan olahraga ternyata akan menimbulkan adanya gejala kram otot dan masalah-masalah lainnya. Itulah sebabnya, kami sarankan agar selalu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

2. Jangan Lupa Olahraga

Seperti telah disinggung sebelumnya, penyebab dari gangguan pada otot biasanya karena kurang melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Padahal olahraga memberikan segudang manfaat untuk tubuh terutama mencegah terjadi sarkopenia.

Untuk itulah, cobalah lakukan latihan ketahanan maupun aerobic sebanyak 2 hingga 4 kali seminggu. Beberpa tipe olahraga yang wajib buat dicoba diantaranya adalah angkat beban, yoga, pilates, jogging, jalan cepat hingga bersepeda.

3. Jangan Lupa Pertahankan Berat Ideal

Perlu diingat bahwa berat badan berlebihan ternyata juga akan mengakibatkan sejumlah masalah pada kesehatan otot loh. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena kelebihan berat membuat tekanan pada otot jauh lebih besar sehingga membuat tubuh harus bekerja ekstra.

Itulah mengapa pentingnya agar selalu menjaga berat badan agar selalu ideal. Caranya dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan gizi seimbang didalamnya dan membatasi konsumsi lemak.

4. Pastikan Mempraktikkan Postur Tubuh Benar

Disadari atau tidak ternyata postur tubuh yang anda miliki akan berpengaruh besar terhadap kesehatan otot. Itulah sebabnya, kami sarankan agar selalu menjaga posisi tubuh baik ketika berdiri, berbaring ataupun duduk. Hindari kebiasaan membungkuk ketika sedang duduk karena akan memberikan beban tambahan pada otot sekaligus tulang.

5. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Untuk Otot

Terakhir, Anda juga perlu buat memenuhi kebutuhan nutrisi buat otot. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan dengan protein cukup seperti seafood, daging, kacang-kacangan, susu hingga produk olahan lainnya. Bukan hanya protein saja tetapi memenuhi asupan vitamin D, asam lemak omega-3 hingga kalsium.

Bukan hanya dengan menggunakan cara diatas saja untuk menjaga kesehatan otot-otot tubuh tetapi anda juga dapat mengkonsumsi susu kesehatan dari Ensure buat menambah kekuatan massa Otot. Pastikan praktikkan dengan baik cara menjaga kesehatan otot tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.