Manfaat Prebiotik untuk Kesehatan Si Kecil, Parents Wajib Tahu!

Menjaga kesehatan buah hati tentu menjadi hal utama bagi setiap orangtua. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memperhatikan asupan prebiotik, karena berperan penting dalam menjaga kesehatan si Kecil. Namun ketika mendengar kata tersebut, apa yang terlintas di pikiran Anda? Apa manfaat prebiotik untuk anak?

Tak jarang Anda mendengar jika pencernaan anak bermasalah adalah akibat dari kurangnya prebiotik, benarkah begitu? Padahal tak hanya bermanfaat untuk sistem pencernaan saja, karena prebiotik juga bermanfaat untuk sistem imunitas buah hati. Mari membahas tentang manfaat si ‘makanan probiotik’ dalam artikel di bawah ini!

Apa Itu Prebiotik?

Adalah sejenis serat yang berasal dari tumbuhan dan tidak dapat dicerna oleh tubuh manusia. Mengapa tidak dapat dicerna? Karena mengandung karbohidrat kompleks yang langsung melewati saluran pencernaan, kemudian menjadi bahan makanan bagi probiotik.

Dalam sistem pencernaan si Kecil, terdapat triliunan bakteri yang hidup dan banyak diantaranya adalah bakteri baik. Bahkan bakteri tersebut telah ada ketika ia lahir. Karena ketika bayi melewati jalan lahir, terdapat mikroba yang juga turut ikut bersamanya.

Manfaatnya untuk Si Kecil

Berdasarkan dari penelitian ekstensif terhadap anak, prebiotik rupanya terbukti mendatangkan efek positif bagi anak.

Bagi Sistem Pencernaan

Prebiotik memiliki banyak manfaat untuk sistem pencernaan si Kecil, mulai dari mendukung pertumbuhan probiotik di pencernaan, mencegah gangguan pencernaan dan menjaga dinding saluran pencernaan, mencegah pertumbuhan bakteri jahat, membantu mencerna karbohidrat, hingga membantu menjaga kekuatan tulang.

Kandungan bakteri baik yang berasal dari prebiotik pada ASI juga terbukti mampu membuat pencernaan bayi menjadi lebih kuat dan sehat.

Bagi Sistem Imunitas

Tak hanya itu, manfaat penting lainnya adalah baik bagi daya tahan tubuh si Kecil yang rentan terhadap penyakit. Contohnya memberi sinyal respon ketika terjadi infeksi dengan memberikan perlawanan, hingga menjaga probiotik pada usus yang masih berkaitan dengan sistem imunitas si Kecil.

Bagaimana Cara Melengkapi Asupan Prebiotik Si Kecil?

Sumber nutrisi paling penting bagi tumbuh kembangnya adalah ASI. Antibodi, prebiotik, serta komponen penting lainnya yang terdapat di dalam ASI berperan penting bagi daya tahan tubuh anak. Untuk itu disarankan memberikan ASI ekslusif hingga anak berusia 6 bulan.

Ketika buah hati telah berusia 6 bulan, maka Ibu dapat mulai mengenalkan MPASI agar asupan gizinya tercukupi dengan baik. Namun pemberian ASI tetap dilanjutkan hingga buah hati berusia 2 tahun.

Parents, itulah manfaat prebiotik untuk kesehatan anak yang wajib diketahui. Bila perlu, bantu perkuat daya tahan tubuh anak usia 1 hingga 3 tahun dengan Nutrilon Royal formula ACTIDuobio+. Kandungan omega 3, omega 6, vitamin A, vitamin E, dan prebiotiknya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh buah hati agar siap menghadapi masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.