Pentingnya Mengenal Penyakit Rematik dan Cara Pengobatan Alaminya

Banyak orang menganggap penyakit rematik sangat mudah sekali menyerang kita, terlebih lagi kalangan orang tua mengatakan kaum muda lebih mudah terserang rematik. Tapi, apakah benar penyakit rematik sangat mudah menyerang kita dibandingkan penyakit lainnya?

Sebenarnya pandangan tersebut tidak benar dan juga tidak salah, karena penyebab penyakit rematik dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti jenis kelamin, usia, kebiasaan sehari-hari, lingkungan, dan berat badan.

Kaum wanita lebih rentan terhadap penyakit rematik dibandingkan kaum pria. Kenapa demikian? Hal itu disebabkan karena dalam tubuh wanita terdapat hormon estrogen yang dapat menimbulkan penyakit autoimun jika tidak dijaga baik-baik. Maka tidak heran kalau wanita banyak mengidap penyakit rematik yang merupakan salah satu penyakit autoimun.

Bawang putih memang sudah banyak sekali dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk berbagai macam penyakit, termasuk rematik. Anti radang pada bawang putih bisa mengurangi proses sitokin yang terjadi pada tubuh yang bisa mengakibatkan peradangan pada beberapa organ tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin, peradangan dan pembengkakan bisa semakin berkurang dan sembuh.

Bawang putih bisa Anda konsumsi dengan cara diminum atau dimakan langsung. Cara diminum, Anda hanya merebus 4 siung bawang putih yang sudah digeprek atau di tumbuk kasar dan minum airnya saat hangat tanpa perlu ditambahkan apapun. Kalau dimakan, Anda perlu memanggangnya terlebih dahulu sebelum benar-benar dimakan.

Caranya, sediakan 10 siung atau lebih, jangan dibersihkan kulitnya, tapi dicuci saja. Kemudian, pangganglah bawang putih tersebut sampai benar-benar berwarna hitam. Kalau sudah, masukkan ke dalam toples dan biarkan selama 3 hari atau seminggu. Setelah itu Anda baru bisa mengkonsumsinya sebanyak 2 siung sekali makan 3 kali sehari.

Beberapa obat herbal di atas sudah terbukti ampuh mengobati rematik. Tapi bagi Anda yang tidak ingin terkena rematik lebih baik Anda mencegahnya mulai dari sekarang, seperti berolahraga dengan teratur, tidak mandi terlalu malam dengan air dingin (gunakan air hangat jika memang ingin mandi malam), minum air putih yang cukup, dan lalukan peregangan setiap hari walau hanya sebentar saja.

Jika sudah mengenal rematik, tentu Anda bisa semakin berhati-hati agar tidak terkena penyakit tersebut. Lebih baik biasakan pola hidup sehat agar penyakit-penyakit tidak mendatangi Anda. Pastinya Anda ingin terbebas dari penyakit, bukan?

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *