Penyebab Diabetes yang Banyak Orang Salah

Saat ini diabetes menjadi penyakit yang paling banyak terjadi di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Indonesia tergolong negara yang tingkat penyakit diabetes-nya sangat tinggi, bahkan masuk dalam peringkat 3 di daftar penyakit mematikan di Indonesia, di bawah penyakit stroke dan jantung koroner.

Sedangkan dalam peringkat dunia, Indonesia berada di peringkat 6 untuk penduduk yang memiliki tingkat penyakit diabetes paling banyak di dunia. Dari pola hidup di zaman kekinian sekarang ini, sudah tidak mungkin lagi anak-anak muda terkena penyakit diabetes. Menurut penelitian para dokter di Indonesia pun sudah membuktikannya kalau sudah banyak anak-anak muda yang usianya di bawah 30 tahun menderita penyakit mematikan tersebut.

Lalu, apa sih yang menjadi penyebab diabetes di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia?

1. Kebiasaan atau pola hidup yang buruk

Kebiasaan atau pola hidup yang buruk menjadi salah satu faktor utama penyebab penyakit diabetes datang, misalnya saja terlalu banyak mengkonsumsi nasi. Seperti pada kebiasaan umumnya, masyarakat di negara-negara Asia Tenggara dan negara berkembang lainnya mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokoknya sehari-hari.

Padahal, terlalu banyak atau sering mengkonsumsi nasi setiap hari bisa mendatangkan penyakit diabetes. Kenapa bisa nasi menjadi penyebab penyakit diabetes? Kandungan yang terdapat dalam nasi yaitu karbohidrat dan gula. Namun, 2 kandungan tersebut sayangnya memiliki kadar yang tinggi dan memungkingkan orang yang mengkonsumsinya bisa menderita penyakit diabetes.

Terlebih lagi, nasi putih adalah nasi yang memberi resiko paling tinggi untuk penyakit diabetes dibandingkan nasi lainnya. Kalau biasanya Anda mengkonsumsi nasi setiap hari dan lebih dari 3 kali dalam sehari, penyakit diabetes tipe 2 akan mudah mendatangi Anda. Tapi kalau Anda mengkonsumsi nasi putih sebanyak 1 kali dalam 1 bulannya, penyakit diabetes tidak akan mudah menyerang Anda.

Terlalu banyak mengkonsumsi teh dan kopi pun juga beresiko terserang penyakit diabetes. Tapi resiko tersebut akan Anda dapatkan kalau terlalu banyak gula yang dicampurkan ke dalam kedua minuman tersebut. Setiap harinya, tubuh hanya bisa menerima 50 gram gula saja atau bisa dikatakan hanya 4 sendok makan saja.

Jika Anda mengkonsumsi teh atau kopi setiap hari dengan takaran 2 gelas, ditambah pula mengkonsumsi nasi putih, tentu kadar gula dalam tubuh Anda akan mudah meningkat dan resiko diabetes pun semakin tinggi.

2. Jarang sarapan

Banyak orang yang jarang melakukan sarapan, apalagi bagi orang-orang yang sibuk setiap hari, tentu tidak jarang sarapan tidak dilakukan. Padahal sarapan sangatlah penting agar asupan energi yang dibutuhkan saat aktivitas di siang hari hingga malam hari bisa tercukupi. Tapi, kenapa jarang sarapan bisa menyebabkan penyakit diabetes?

Dengan jarangnya kita melakukan sarapan, kadar gula dalam darah tentu akan menurun. Semakin menurunnya kadar gula darah, kita akan lebih cenderung ingin mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis dan mengakibatkan kadar gula mudah naik.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *